Gallery

Aceh Besar -Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sekolah Menengah Atas Islam Terpada (SMAIT) Al-Arabiyah, berlangsung dengan sukses dan tanpa suatu kendala apapun yang berarti. Meski diguyur hujan, para siswa tetap semangat mengikuti pelaksanaan AKM 2021 yang dilaksanakan mulai Rabu-Kamis/ 29-30 September 2021 di SMA Negeri 1 Meunasah Manyang, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Rafsanjani, M.Ag menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama diikuti oleh para siswa SMIT Al-Arabiah.

“Pelaksanaan AKM tahun ini termasuk hal yang baru bagi SMAIT Al-Arabiyah terutama siswa-siswa kelas XI, dan ini merupakan kegiatan perdana tahun ini, tentu ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kami yang memiliki visi sekolah sebagai pusat persiapan siswa untuk kuliah ke Timur Tengah.”

“Hal yang pertama adalah bagaimana mengenalkan kegiatan ini kepada para peserta yang berjumlah 40 siswa dari kelas XI dan yang kedua bagaimana menyiapkan mereka agar benar-benar siap menghadapi materi AKM.”

“Alhamdulillah, kita telah melakukan bimbingan-bimbingan dan pelatihan-pelatihan khusus, untuk para siswa dan guru, sehingga kita optimis hasil AKM ini insya Allah seperti yang kita harapkan” ujar Rafsanjani.

Selanjut Rafsanjani menjelaskan, “Asesmen Kompetensi Minimum merupakan bagian dari program Asesmen Nasional 2021. Mendikbud Nadiem menyebut Asesmen Nasional sebagai bagian dari reformasi pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga bentuk penilaian: AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pada dasarnya, ketiga bentuk penilaian tersebut bertujuan menguji kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa.

Asesmen Kompetensi Minimum bertujuan mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter bertujuan mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan kepribadian murid.

Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas input serta proses dalam belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan (sekolah)”, ujar Rafsanjani.

“Sebagai informasi, SMAIT Al-Arabiyah merupakan sekolah integrasi tingkat SMA yang memadukan ilmu-ilmu agama dan umum dengan bimbingan dari guru-guru alumni dari Timur Tengah dan dalam negeri. Sekolah yang memakai sistem boarding atau berasrama ini berlokasi di kawasan Meunasah Bak Trieng, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Aceh. Sekolah ini memiki visi dan misi untuk mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke Timur Tengah dengan memprioritaskan bahasa Arab, dan ilmu agama lainnya serta hafalan Alquran, disamping diajarkan ilmu-ilmu umum sebagaimana standar sekolah SMA”, ujar Rafsanjani.


Aceh Besar, Rabu 29 September 2021
Tertanda

Wakil Kepala Bidang Humas
Alfarisi Amir, Lc., M.Ag
Hp/WA: +6285280143914